F Memahami Metode Ekstraksi VCO | BISNIS VCO

Selasa, 21 Juli 2020

Memahami Metode Ekstraksi VCO

Minyak Kelapa Dara atau Minyak kelapa mentah adalah bentuk minyak kelapa paling murni yang memungkinkan kita untuk menerima manfaat maksimal darinya, karena Minyak Kelapa Dara adalah minyak yang tidak pernah terpapar panas selama proses produksinya.
Kualitas Virgin Coconut Oil (VCO) tergantung pada metode ekstraksinya, maksudnya TIDAK SEMUA VCO memiliki kualitas yang sama, fakta saat ini bahwa tidak semua produk yang dijual sebagai Virgin Coconut Oil adalah adalah minyak yang tidak pernah terpapar panas selama proses produksinya. Ingat, semakin sedikit pemrosesan dari suatu makanan, maka semakin tinggi nutrisi yang dipertahankannya, karena pemrosesan akan menghilangkan dan menghancurkan nutrisi yang dikandung oleh bahan makanan.

METODE EKSTRAKSI VCO
1. FERMENTASI - Pemisahan secara alami
Fermentasi adalah metode tertua dalam mengekstraksi Virgin Coconut Oil. Metode ini bergantung pada mikroba yang terbentuk secara alami di udara untuk membantu fermentasi santan untuk melepaskan minyak yang "terperangkap". Setelah minyak dilepaskan, metode ini bergantung pada perbedaan kepadatan serta gravitasi untuk memisahkan minyak dari air dan padatan. Proses ini membutuhkan setidaknya 24 jam pada suhu lingkungan. Minyak yang diekstraksi dimurnikan dengan pemanasan ringan untuk menghilangkan kelebihan air atau langsung disaring. Metode ini meninggalkan rasa asam pada minyak yang diekstraksi.

2. METODE PENGEPRESAN DINGIN
Dalam metode pengepresan dingin, daging buah kelapa dikeringkan sebelum pengepresan dengan tekanan tinggi untuk mengekstraksi minyak. Minyak kemudian disaring untuk menghilangkan residu serpihan kelapa. Minyak yang dihasilkan memiliki dengan aroma permen kelapa manis yang ditimbulkan oleh daging buah kelapa yang dikeringkan.

3. METODE SENTRIFUGASI
Metode ekstraksi VCO dengan sentrifugasi, saat ini dikenal sebagai proses ekstraksi Virgin Coconut Oil (VCO) yang paling canggih. Minyak yang dihasilkan memiliki tekstur, rasa, dan aroma yang paling bersih, paling murni, dan paling halus, adapun kekurangan dari metode sentrifugasi, yaitu metode ini masih gagal menghilangkan sisa kelembaban dari minyak, itu sebabnya sebagian besar produsen yang menggunakan metode sentrifugasi masih harus menggunakan penguap vakum (Evaporator vakum) untuk menghilangkan kelembaban (kadar air) dari minyak. Evaporator vakum bekerja dengan mengurangi titik didih air dengan membuat ruang hampa udara. Namun tetap saja masih membutuhkan suhu di atas 40 derajat Celcius untuk menghilangkan kelembaban yang tersisa.
Minyak yang dihasilkan halus dengan sedikit bau permen kelapa.

4. METODE EKSTRAKSI ROYAN RAMADHAN
Untuk mendapatkan kualitas optimal, maka metode sentrifugasi perlu dimodifikasi untuk ditingkatkan. Proses produksi yang diadopsi oleh Royan Ramadhan adalah metode sentrifugasi yang dimodifikasi, yang dalam proses produksinya, suhu dari santan kelapa hingga menjadi minyak tetap terjaga dibawah 29° Celcius (suhu kamar), tanpa Evaporator vakum dan tanpa pemurnian kimia (refining), tanpa pemutihan (bleaching), tanpa penghilang bau (deodorizing).
Untuk membedakan dari hasil produksi dengan metode lain, maka VCO yang produksi dengan Standar Kualitas Royan Ramadhan (Royan Ramadhan quality standards) disebut sebagai Extra Virgin Coconut Oil.
Dengan metode sentrifugasi yang dimodifikasi oleh Royan Ramadhan (Royan Ramadhan quality standards) dan tidak menggunakan mesin paling canggih seperti yang di gembar gemborkan digunakan oleh produsen lainnya, ternyata metode sentrifugasi yang dimodifikasi oleh Royan Ramadhan masih mampu menyingkat waktu produksi, untuk menjaga zat alami berkhasiat (seperti vitamin E alami) yang terkandung dalam satan buah kelapa tidak rusak oleh proses produksi.
Total waktu yang dibutuhkan untuk mengolah 100 kg buah kelapa bulat menjadi minyak, yaitu dari membelah buah kelapa hingga pengemasan untuk 60 botol adalah 4 jam, yaitu 2 jam pertama untuk menghasilkan minyak dan 2 jam kedua untuk penyaringan dan pengemasan, proses produksi yang cepat untuk menghasilkan Virgin Coconut Oil berkualitas tinggi.
Dengan metode sentrifugasi yang dimodifikasi oleh Royan Ramadhan berhasil mengekstrak Virgin Coconut Oil tanpa paparan udara yang lama, karena paparan udara yang lama dapat menyebabkan oksidasi dan pembusukan minyak.

Metode Ekstraksi VCO
Metode Ekstraksi VCO

Metode Sentrifugasi yang dimodifikasi untuk mengekstraksi Virgin Coconut Oil, digunakan oleh Royan Ramadhan setelah bertahun-tahun melakukan penelitian intensif. Alasan Royan Ramadhan menggunakan kata "ekstrak" dari pada "proses" karena Virgin Coconut Oil hadir secara alami dalam santan murni kelapa segar, dan Extra VCO dari santan kelapa hadir dalam waktu 2 jam setelah buah kelapa dibelah, yang dengan metode lain (seperti fermentasi atau sentrifugasi plus vakum) biasanya akan memakan waktu proses yang lebih lama.

Langkah pertama dan paling penting dalam mengekstraksi Virgin Coconut Oil adalah pemilihan kelapa yang berkualitas baik, selanjutnya adalah pengambilan daging buah kelapa untuk diperas guna mendapatkan santan murni kelapa segar, Extra VCO Royan Ramadhan quality standards mengandung Vitamin E, karena kulit ari (testa berwarna coklat) pada daging buah kelapa sengaja tidak dibuang. Kulit ari (testa berwarna coklat) pada daging buah kelapa mengandung Vitamin E yang menyebabkan Virgin Coconut Oil memiliki sifat obat terkemuka, bersama dengan asam lemak jenuh rantai menengah (MCFA).
Banyak produsen minyak kelapa, yang sengaja membuang kulit ari (testa berwarna coklat) pada daging buah kelapa supaya minyak tidak berwarna, padahal mereka sudah membuang Vitamin E alami dari daging buah kelapa.

Baca Juga:
Cara Mudah Membuat VCO di Rumah

Memahami Metode Ekstraksi VCO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Koperasi VCO

Utama

Reseller Extra VCO

BISNIS VCO memberi solusi dalam usaha mendapatkan suplemen penambah daya kekebalan tubuh yang murah dan terbukti berkhasiat sebagai Antiviru...

Peta Lokasi - VCO Medan